Kamis, 22 Desember 2011

SEKOLAH KU

SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci berdiri sejak tahun 1987 dengan kepala sekolah pertama SYAMSUL KAMAL dan kemudian digantikan oleh Drs.UMAR DAIRI dan digantikan oleh Drs.Darisman.M.Pd dan kemudian di gantikan oleh Hj. Nuraida Spd sampai sekarang. Luas areal yang dimiliki sekolah ini adalah 2000m2 luas lahan yang sudah dibangun sampai saat ini luas 140.000m2 dengan jumlah kelas 24 ruang dan laboraterium 5 ruang, perpustakaan, ruang guru, BP,Aula, Kepsek, Osis dan Ruang olahraga. Suasana tenang dan udara yang segar jauh dari polusi, lingkungan yang ramah dan bersih dan terletak di pusat kota kabupaten Pelalawan menjadikan sekolah ini sebagai sekolah favorit dan terdepan. Sarana dan prasarana yang lengakap, internet unlimitied baik wireless dan wireline memungkinkan sekolah ini menjadi sekolah CENTER OF EDUCATION EXCELLENT” di Kab.Pelalawan dan Riau umumnya. Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) ini merupakan salah satu upaya yang positif bagi dunia pendidikan kita dimana sekolah diberikan kesempatan untuk membekali peserta didik tentang pengetahuan dan sikap menghargai sumberdaya dan potensi yang ada di lingkungan setempat yang tidak terakomodir dalam Standar Isi (SI) mata pelajaran SMA. juga sejalan dengan prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu dikembangkan sesuai dengan kondisi dan karakteristik daerah, sekolah, dan peserta didik. Berdasarkan kemajuan tersebut, maka SMAN 1 Pangkalan Kerinci metargetkan pada tahun 2010 sebagai rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
SMA N 1 Pangkalan Kerinci memiliki VISI dan MISI yaitu:
visi
Menjadi SMA yang Terdepan dan Teladan serta Bertaraf Internasional dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Menguasai IPTEKS dengan berlandaskan IMTAQ.
misi
  1. Menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwakan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia warga sekolah.
  2. Memberikan pelayanan yang sama bagi seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama dan ras serta menjunjung tinggi prinsip ke­setaraan gender.
  3. Menanamkan rasa persatuan nasional, cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan bagi seluruh warga sekolah.
  4. Mengakomodasi tuntutan pembangunan daerah, nasional dan dunia kerja ke dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan yang diintegrasikan pada mata pelajaran yang relevan.
  5. Menggali keragaman potensi lokal, mengenal karaktristik daerah, ling­kungan, dan sosial budaya daerah melalui Pendidikan Berbasis Ke­ung­gulan Lokal.
  6. Melaksanakan kegiatan pengembangan diri untuk menggali dan mening­katkan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat per­kembangan dan  kemampuan peserta  didik.
  7. dengan dinamika perkembangan global dan karak­teristik satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan menuju kesetaraan global.
  8. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dengan melibatkan semua warga sekolah dan stakeholder dengan berpedoman pada Standar ISO 9001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar